Isi Baterai Sampai Penuh Cuma 5 menit ?

Isi Baterai Cepat
Store Dot
MAXI TECHNOSiapa yang tidak ingin baterai smartphone terisi dengan cepat ? Apalagi saat ini pengguna smartphone di dunia semakin meningkat setiap harinya.Banyak  para pengguna smartphone yang tidak bisa satu jam saja lepas dari gadgetnya. Akibat dari penggunaan gadget yang terus menerus tanpa henti pasti akan menyebabkan terkurasnya daya baterai. Baterai yang cepat habis menjadi kendala tersendiri bagi pengguna smartphone. Akibat baterai yang cepat habis ,aktivitas mengisi daya baterai pun jadi sebuah kegiatan yang menyebalkan.

Walaupun kadang para pengguna gadget dapat menggunakan powerbank untuk mengisi daya baterai, tetapi jika dalam keadaan darurat dan power bank tersebut dayanya habis juga, itu pasti akan membuat panik si pengguna smartphone.

Nah, kini Anda tidak perlu khawatir memikirkan masalah ini, atau ribet dan kesal menunggu pengisian daya pada baterai smartphone kalian. Karena sebentar lagi sebuah startup asal Israel bernama StoreDot akan meluncurkan sebuah teknologi fast charging yang berguna untuk pengisian daya baterai handphone. Tak tangung-tangung, teknologi fast charging ini diklaim mampu melakukan pengisian daya baterai smartphone hingga penuh 100% hanya dalam waktu 5 menit saja.  

Teknologi ini akan ‘dijual’ ke vendor smartphone yang berminat untuk mengadopsinya. Nanti, StoreDot akan menciptakan baterai khusus bernama “FlashBattery”, yang akan dirancang sesuai dengan desain smartphone yang dibutuhkan vendor.

Disampaikan CEO StoreDot, Doron Myersdorf, optimasi teknologi tersebut akan rampung pada 2018, sejumlah vendor smartphone bahkan tertarik untuk memakainya pada jajaran flagship smartphone. Sayang, ia enggan mengungkap siapa saja yang akan mengadopsi teknologi ini.

Terkait baterai besutan StoreDot, Myersdorf mengatakan baterai besutannya memiliki material yang mampu mentransfer reaksi ion dari anode ke cathode dalam waktu yang cepat.

Seperti dikutip dari The Guardian, teknologi fast charging tersebut menggunakan senyawa organik bernama “Nanodots”, semacam molekul peptide bio-organik. Senyawa Nanodots tersebut bukanlah berbahan kimia berbasis lithium yang menjadi standar dalam teknologi baterai saat ini, namun berbasiskan Nano-teknologi. Nanodots tersebut mengubah cara sebuah baterai dalam menyerap dan menyimpan listrik.

Sayangnya, meski mempunyai kemampuan pengisian super cepat, baterai memiliki kelemahan. Saat ini, baterai tersebut memiliki daya tahan sepertiga lebih rendah dibandingkan baterai yang kini ada di pasaran. 

Untuk melakukan proses pengisian tak sembarang charger bisa digunakan. StoreDot membutuhkan charger khusus yang bisa mentransfer arus hingga 80 Ampere agar baterai bisa terisi dalam waktu 1 menit. 

StoreDot sendiri sudah mendapatkan empat ronde pendanaan dengan total nilai hingga US$ 66 juta (setara dengan Rp 879 miliar). Mereka bahkan sempat mendemonstrasikan teknologi FlashBattery di gelaran CES 2015. Bedanya, waktu pengisian daya yang didemonstrasikan kala itu berkisar 30 detik.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »